• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU PPU Roadshow Ke Kecamatan

PENAJAM – Tingkat partisipasi pemilih menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan dalam proses kepemiluan. Tingginya partisipasi pemilih dalam pemilihan umum (pemilu) maupun pemilihan kepala daerah (pilkada) menjadi indikator akan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam proses kepemiluan.

Rendahnya tingkat partisipasi pemilih (golput) salah satunya juga dipicu lantaran masyarakat yang belum memahami atau mengerti apakah dirinya terdaftar sebagai pemilih atau tidak. Kedua apatisme masyarakat enggan ke TPS (berpartisipasi) dikarenakan tidak terdaftar sebagai pemilih.

Sehingga Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mencoba melakukan jemput bola dengan cara melakukan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya masyarakat terdaftar sebagai pemilih sesuai peraturan perundangan.

Salah satunya upaya yang dilakukannya, yakni melakukan Imbauan dan sosialisasi kepada masyarakat untuk mengecek yang bersangkutan apakah sudah terdaftar sebagai pemilih, dengan cara mengirim pesan via facebook, twitter, sms, telepon hingga halaman website KPU PPU atau bahkan datang olangsung ke kantor KPU. Dengan segera pihak KPU PPU akan memberikan tanggapan apakah yang bersangkutan sudah terdaftar atau belum.

Kegiatan ini  juga bagian dan sosialisasi kepada masyarakat untuk menunjang program Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan. Sehingga pada saat pemutakhiran daftar Pemilih Sementara (DPS) atau Pemutakhiran Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Penajam Paser Utara nanti bisa terakomodir semuanya.

Pihak KPU PPU memasang sejumlah standing banner imbauan di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten PPU. (ppid/kpuppu)

camat-waru

camat-babulu

 

Leave a Reply