• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

Sosialisasi Pendidikan Pemilih Ke Pelajar SMPIT Penajam

PENAJAM – Meski Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur akan digelar pada Juli 2018 mendatang, namun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) terus melakukan kegiatan yang mendukung dan memacu untuk meningkatkan partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dalam setiap pemilu.

Baru-baru ini, KPU PPU melakukan sosialisasi pendidikan pemilih terhadap para pelajar serta para pengurus osis Sekolah Menengah Pertama Islam terpadu (SMPIT) Penajam. Para pengurus osis dan pelajar tersebut didampingi para guru pembina mengikuti sosialisasi tersebut dengan baik dan lancar.

Kegiatan tersebut langsung dipandu Ketua KPU PPU, Feri Mei Efendi, SH. Dalam sosialisasi tersebut, Feri mengimbau kepada para pelajar untuk menggunakan hak pilihnya dalam setiap pemilu. Menurutnya, pelajar salah satu masuk dalam kategori pra pemilih atau pemilih pemula. Sehingga, peran serta dan partisipasi para pelajar untuk menggunakan hak pilihnya membantu untuk menekan angka golput sehingga partisipasi pemilih meningkat. Selain itu, para pemilih pemula juga menjadi salah satu penentu terpilihnya para pemimpin yang baik. Bahkan Feri, juga mengimbau bagaimana para pelajar tersebut untuk melihat dan menilai bagaimana program visi dan misi para calon sehingga menjadi pembelajaran dan menentukan hak pilihnya sehingga menjadi pemilih cerdas.

“Kegiatan ini sangat penting, karena pemilih pemula juga menjadi catatan kami. Sehingga pemilih pemula atau pelajar ini dibekali dengan ilmu kepemiluan dan demokratisasi, agar menajdi pemiluh yang cerdas termasuk juga bagaimana pemilih pemula ini menggunakan hak pilihnya sehingga tidak golput,” tandasnya, Selasa (15/11/2016).

Usai memberikan pengarahan dan penjelasan materi kepemiluan di dalam ruangan, Feri mengajak para pelajar tersebut melihat dan menjelaskan sejumlah ruangan di KPU. Termasuk ruangan Desk Pelayanan Informasi PPID, sejumlah foto dan contoh surat suara dalam setiap pemilu, ruang logistik penyimpanan kotak dan bilik suara dan logistik lainnya hingga ruang rapat pleno yang menentukan hasil rekapitulasi dan penetapan dalams etiap kepemiluan. Setelah itu, SMPIT melalui guru pendamping, Mujahit, memberikan cindera mata yang diterima Ketua KPU PPU dan dilanjutkan sesi foto-foto.

“Kami berterimakasih sekali kepada KPU PPU yang telah berkenan memberikan ilmu kepemiluan dan pemahaman kepada para siswa,” tuturnya.

Tidak hanya itu, lanjut Mujahit, pihaknya akan menjalin kerjasama untuk pemilihan ketua osis (Pemilos). Menurutnya, dengan ilmu baru tersebut bisa diterapkan dalam pemilihan ketua osis.

“Insya Allah awal Desember nanti kita akan melakukan pemilihan Ketua Osis. Kita akan bekerjasama dengan KPU PPU sekaligus menjadi pemandu bagaimana proses pemilihan tersebut mirip-mirip dengan pemilu, karena ini juga bagian dari pembelajaran tentang kepemiluhan dan demokrasi. Apalagi Pak Ketua KPU PPU sangat mengapresiasi untuk menggandeng KPU nanti,” tandasnya. (ppid/kpuppu)

smpit-penajam-1 smpit-penajam-2 smpit-penajam-5 smpit-penajam-6 smpit-penajam-9 smpit-penajam-10

Leave a Reply