• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

Gelar Pemilos, Dzaky Terpilih Ketua Osis SMPIT

PENAJAM – Sekolah Menengah Pertama Islam terpadu (SMPIT) Nurul Hikmah Kabupaten Penajam Paser Utara bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menggelar Pemilihan Ketua Osis (Pemilos), Kamis (15/12/2016).

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten PPU, Feri Mei Efendi mengapresiasi kepada SMPIT Nurul Hikmah atas terselenggaranya Pemilos tersebut. Menurutnya, siswa sekolah menengah merupakan pra pemilih yang tentunya nanti bisa menjadi pemilih pemula, sehingga perlu dilakukan pendampingan dan edukasi (pendidikan) berorganisasi dan berdemokrasi dalam hal ini melalui proses penyelenggaraan pemilos. Dalam pemilos tersebut, SMPIT Nurul Hikmah juga membuat Ketua Panitia Pemilihan Osis (KPPO) sebagai penyelenggara proses pemilihan ketua osis. Sebelumnya, para siswa tersebut juga melakukan kunjungan dan sekaligus belajar tentang kepemiluan di Kantor KPU PPU.

“Kami berharap kerjasama ini bisa berlanjut setelah pemilos ini. Kami tentunya mengapresiasi kegiatan pemilos ini sebagai bagian menanamkan nilai-nilai berorganisasi dan berdemokrasi,” tuturnya dalam sambutannya sekaligus membuka acara.

Sementara Kepala Sekolah SMPIT Nurul Hikmah PPU yang diwakili Wakil Kepala Sekolah Wahyudi mengatakan kegiatan pemilihan ketua osis tersebut sebuah sejarah baru dan sekaligus pembelajaran organisasi dan demokrasi bagi sekolahnya.

“Semoga ini menjadi proses pembelajaran organisasi dan denokrasi bagi anak-anak kami. Terimakasih KPU PPU dalam partisipasinya,” ujarnya

Senada diutarakan guru bagian kesiswaan, Mujahit. Menurutnya, kerjasmaa sekolahnya bersama KPU Kabupaten PPU merupakan hal yang layak diapresiasi dan membantu proses-proses pemilihan ketua osis.

“Terimakasih kepada KPU Kabupaten PPU yang telah membantu dalam proses pemilihan ketua osis ini,” tandasnya.

Dalam pemilos tersebut diikuti dua calon ketua osis yakni Zidan dengan nomor urut 1 dan Dzaky dengan nomor urut 2.

Dalam proses kegiatan tersebut diawali pembukaan, kemudian masuk ke tahap penyampaian visi misi, sesi tanya jawab pasangan calon yang panelisnya adalah dari KPU PPU Feri Mei Efendi dan H Suhermansyah. Kemudian, para siswa melakukan pemungutan suara dan penghitungan.

Proses pemilos ini juga nyaris speerti dalam pemilihan umumnya. Mulai dari pencalonan, penyampaian visi misi dan persyaratan calon. Kemudian, jumlah pemilih yang terdaftar sesuai persyaratan yakni berjumlah 62 pemilih.

Dalam proses pemungutan dan rekapitulasi serta penghitungan suara juga tak kalah seru. Para pendukung kedua calon bergemuruh mengumandangkan yel-yel. Dalam hasil penghitungan, akhirnya calon nomor urut 2 Dzaky unggul dengan perolehan suara 32 sedangkan Zidan memperoleh 29 suara. Tampak hadir Wakil Kepala Sekolah SMPIT, sejumlah guru-guru SMPIT, perwakilan KPU PPU Suhermanyah, Saharuddin yunus, Irwan Sahwana, Ardimansyah, Linda Marlis, Ardiansyah, dan Priyo (ppid/kpuppu)

smpit-8 smpit-18 smpit-17 smpit-15 smpit-16 smpit-14 smpit-13 smpit-10 smpit-9 smpit-12 smpit-11 smpit-7 smpit-6 smpit-5 smpit-4 smpit-3 smpit-2 smpit-1G

Leave a Reply