• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada 2018, KPU PPU libatkan Disdukcapil

PENAJAM – Dalam rangka menyongsong pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2018, Komisi Pemilihan Umum (PPU) Penajam Paser Utara (PPU) mematangkan persiapan pemutakhiran  data pemilih pemilih berkelanjutan. Pemutakhiran data pemilih berkelanjutan tersebut, KPU melibatkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil (disdukcapil). “Kami melibatkan beberapa instansi terkait dalam membahas persiapan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan. Ini bagian dari persiapan pilkada, baik itu Pilbub( pemilihan bupati ) pilgub ( pemilihan gubernur kaltim ) yang akan digelar 2018, sekaligus persiapan pileg ( pemilihan legislatif ) dan Pilpres (pemilihan presiden),” kata ketua KPU PPU Feri Mei Efendi kepada media ini usai menggelar rapat koordinasi dengan kepala Disdukcapil PPU Suyanto, Kepala Badan Kesbangpol Rahman Nurhadi, Ketua Panwaslu Daud Yusuf dan para camat di kantor KPU PPU, kemarin (28/8).

Menurut Feri Mei Efendi, Daftar Pemilih Tetap (DPT) merupakan jantung dari pelaksanaan pemilu. Karena itu , pemutakhiran data pemilih berkelanjutan harus dipersiapkan dengan matang.”Kualitas DPT kita baik, hasilnya akan membantu suksesnya pilkada nantinya,” ujar Feri Mei Efendi.

Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) akan disalurkan ke KPU kabupaten/kota yang menyelenggarakan pilkada 30 November mendatang. Setelah DP4 telah diterima, Feri Mei Efendi menyatakan, akan disingkronkan dengan data pemilu terakhir, yakni DPT pilpres 2014. Data terbaru dari kementrian Dalam Negeri(kemendagri) akan dimutakhirkan kembali. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi warga yang tidak terakomodir Dalam DPT tersebut. ” Data Disdukcapil seluruh Indonesia dikirim ke Kemendagri. Kemudian kemendagri menyerahkan data secara simbolis kepada KPU pusat. Setelah itu DP4 teraebut dibagikan ke KPU kahupaten/kota maupun provinsi yang menyelenggarakan Pilkada”, ungkapnya. Pemutakhiran data pemilih, kata Feri Mei Efendi , diperlukan waktu selama enam bulan, yakni mulai November 2017-2018. Kita mutakhirkan data pemilu terakhir ( pilpres ) sekira 118 ribu lebih dengan data terbaru. Pemutakhiran data pemilih ini prosesnya panjang, butuh sekira enam bulan. Update data pemilih ini nenjadi antensi kita” jelasnya. (Kad/war).

 

Sumber : balikpapan pos

 

Leave a Reply