• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

Data Disdukcapil, 20 Persen Total DPT Merupakan Pemilih Pemula

KLIKPENAJAM.COM – Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), dari total daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 115 ribu jiwa, 20 persen diantaranya merupakan pemilih pemula pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati PPU tahun 2018 mendatang.

Dengan kata lain, ada sekira 23 ribu jiwa calon pemilih pemula dan masih berpotensi ada penambahan.

Dikatakan Kepala Disdukcapil PPU Suyanto, para pemilih pemula ini rata-rata masih duduk di bangku sekolah tingkat SMA/SMK sederajat.

“Maka dari itu, guna meningkatkan partisipasi para pemilih pemula ini, hendaknya digalakkan sosialisasi menggunakan hak pilih ke sekolah-sekolah, agar mereka bisa menggunakan hak pilihnya,” kata Suyanto.

Begitupun untuk verifikasi Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4), pihaknya menurut Suyanto, siap membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Penajam Paser Utara, jika ditemukan perubahan data pemilih.

Meski demikian, ia menyebut jika Disdukcapil tidak lagi memiliki kewenangan untuk memberikan DP4 kepada KPU, sebab hal tersebut telah menjadi domain Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), yang nantinya akan menyerahkan langsung kepada KPUD.

“Saat DP4 dikeluarkan Kemendagri, kami siap membantu verifikasi jika ada perubahan data pemilih. Sebab data DP4 sudah menjadi kewenangan Kemendagri yang nanti akan menyerahkan langsung ke KPU,” tambahnya.(*)

 

Sumber : KLIKPENAJAM.COM

Leave a Reply