• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

Di Hadapan Baintelkam, KPU PPU Paparkan Potensi Kerawanan Pilkada di PPU

PENAJAM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melakukan sosialisasi tahapan pilkada 2018 dan Pemilu 2019 sekaligus memaparkan potensi kerawanan saat tahapan pilkada maupun pemilu dalam rapat koordinasi bersama Badan Intelkam Mabes Polri yang dihadiri Kombes Pol Febrianto Wachidin, AKBP Novanto dan Kompol Fadilah Jajuli, Kasat Intel Polres PPU, Kepala Dinas Pendudukan dan Catatan SIpil (Dukcapil) PPU, Badan Kesbangpol PPU, Panwas Kabupaten PPU di Aula Kantor Polres Penajam Paser Utara, Kamis, 14 September 2017

Ketua KPU PPU, Feri Mei Efendi, dalam pemaparannya menjelaskan, tahapan pilkada baik pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Penajam Paser Utara 2018 serta pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim 2018 akan digelar secara serentak dan bersama-sama dalam satu paket.

Dirinya menambahkan, hingga saat ini, pihaknya terus melakukan proses tahapan pilkada (tampak dalam gambar)

Sementara, lanjut Feri, untuk potensi kerawanan pilkada yakni :

  • Pendaftaran Pasangan Calon
  • Kampanye
  • Petugas KPPS (pengalaman Pileg 2014 KPPS)
  • Hari H Pemungutan Suara
  • Pasca hari H/Penetapan

“Kita sudah tetapkan berapa jumlah minimal dukungan calon perseorangan, Oktober nanti kita buka pendaftaraan PPK dan PPS. Januari nanti kita buka pendaftaran pasangan calon, kemudian kampanye dan hari pemungutan pada 27 Juni 2018 mendatang,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga memaparkan Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu yakni pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta pemilihan legislatif. Serta Peraturan KPU Nomor 7 tahun 2017 tentang Program, Tahapan dan Jadwal Pemilu 2019.

“Pileg dan Pilpres juga akan kita selenggarakan serentak pada 2019 mendatang. Tapi tahapan kita mulai Oktober 2017. Sehingga tahapan pileg, pilpres serta pilkada gubernur dan bupati juga beririsan. Tentu ini pekerjaan yang tak mudah tapi kami ikhtiar untuk terus memberikan yg terbaik untuk bangsa dan daerah,” tandasnya. (ppid/kpuppu)

Leave a Reply