• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

Dengan Dua Alat Ini, KPU PPU Pastikan Surat Suara Tak Bisa Dipalsukan

KALAMANTHANA, Penajam – Pencetakan surat suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Penajam Paser Utara (PPU) telah selesai. PT Pura Barutama sebagai pencetak menjamin keamanan dan KPU PPU akan menerima di tempat tujuan.

Komisioner KPU PPU Divisi Logistik, Suhermansyah, Rabu (16/5/2018) mengatakan pengamanan surat suara dalam pendistribusian adalah tanggung jawab dari pihak Pura Barutama, berkerja sama dengan PT Pos Indonesia.

“Surat suara tinggal melakukan penyortiran dan pengepakan. Untuk pendistribusian ke Kabupaten PPU, kita menunggu informasi dari Pura Barutama,” kata Suhermansyah.

Pengamanan surat suara dilengkapi security printing yang tujuan utamanya adalah mencegah pemalsuan, gangguan, atau pemalsuan. “Security printing hanya diketahui Ketua KPU dan pihak perusahaan. Selain itu penggunaan microtext untuk menghindari pemalsuan atau penjiplakan pihak tak bertanggungjawab. Microtext ini tidak terlihat dengan kasat mata. Dalam surat suara ada kode microtext yang dikeluarkan percetakan,” lanjutnya.

Dikatakan Suhermansyah dirinyapun selaku Komisioner KPU tidak mengetahui pengamanan surat suara, baik security printing maupun microtext. Jika ada yang berniat tidak baik atau menjiplak surat suara pasti akan ketahuan bahwa itu palsu.

PT Pura Barutama Kabupaten Kudus, Jawa Tengah ditunjuk sebagai penyedia jasa percetakan surat suara pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten PPU. Surat suara dicetak pada Minggu (13/5).

Sebanyak 121.709 surat suara dicetak Pura Barutama, sudah termasuk 3.130 cadangan. Daftar pemilih tetap (DPT) di Kabupaten PPU adalah 118.579. (hr)

 

Sumber : www.kalamanthana.com

Leave a Reply