• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

KPU PPU Mulai Distribusikan Logistik Pilkada Serentak ke Kecamatan

KLIKPENAJAM.COM – Pelepasan pendistribusian perlengkapan logistik untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) PPU. Dihadiri perwakilan Pemerintah Kabupaten bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD). Senin, 25 Juni 2018.

Pendistribusian dilepas langsung Ketua KPU PPU Feri Mei Effendi, bersama Sekretaris Kabupaten PPU Tohar, Kajari Darfiah, Asisten I Bidang Pemerintahan Suhardi, Kabag Pemerintahan Sardi, Wakapolres PPU Kompol Nina Ike Herawati, Pasi Intel Dim 0913/PPU Kapten Inf Richard Sihotang, Kesbangpol PPU, Panwaslu, serta Ketua PPK Penajam, Waru, Babulu, dan Sepaku.

Pada kesempatan itu, Sekkab Tohar selaku Ketua Desk Pilkada PPU mengatakan, tahapan pendistribusian perlengkapan logistik merupakan bagian paling penting bagi KPU, dan diharap berjalan lancar dan aman.

“Terkait dengan distribusi ini, kami dari Desk Pilkada juga telah membagi personel bersama KPUD, dengan unsur pengamanan untuk mengantar logistik tersebut ke PPK. Sehingga setelah ini tuntas, desk pilkada sangat berharap ada supporting dan pengamanan maksimal. Serta harus diyakinkan logistik sampai ke alamat dengan aman, tertib dan lancar. Untuk kemudian dijaga ketat di lokasi,” papar Tohar.

Dirinya juga menyampaikan dalam pendistribusian tingkat kerawanan bisa saja terjadi. Maka dari itu setiap personel harus meningkatkan kesiapan dan kesiagaan, dengan memonitoring secara langsung.

“Kami minta kepada Kesbangpol untuk memberikan pengawasan maksimal dan memastikan pendistribusian logistik sampai di tujuan dengan sempurna. Semoga sinergi kami dengan beberapa komponen dapat memberikan support maksimal terhadap lancarnya seluruh tahapan Pilkada. Atas nama Pemerintah Daerah, kami menyampaikan penghargaan yang setulus-tulusnya, dan semoga sinergi ini akan tetap terjaga dengan solid,” terangnya.

Sementara Ketua KPU PPU Feri Mei Effendi mengatakan, proses pendistribusian logistik menjadi atensi sejumlah kalangan, sebab berada pada kondisi rawan bagi KPU. Menurutnya, setelah distribusi ke PPK, pada H-1 perlengkapan logistik berada di Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Tempat Pemungutan Suara (TPS). Dan proses distribusi logistik tiba di masing-masing TPS tidak pada waktu yang sama.

Ia berharap proses pendistribusian logistik berjalan lancar dan tidak ada hambatan, karena tingkat kerawanan terjadi mulai saat pendistribusian dan kembalinya logistik ke PPK hingga KPU.

“Kami mengimbau seluruh masyarakat dan stakeholder untuk saling menjaga dan menyaksikan proses tahapan ini. Yang pasti KPU sebagai penyelenggara sangat transparan, akuntabel, dan tidak ada unsur yang ditutupi,” ungkapnya.

“Masyarakat dapat menyaksikan langsung proses distribusi maupun pemungutan suara, proses rekapitulasi, hingga proses penetapan. Semuanya terbuka, siapapun yang berada di TPS dapat menyaksikan seluruh prosesnya,” lanjutnya.

Pada kesempatan itu, Wakapolres PPU Kompol Nina Ike Herawati menambahkan, untuk pengamanan ada penambahan personel dari Satuan Brimob Polda Kaltim sebanyak satu Kompi atau sekitar 90 personel.

Berdasarkan atensi pihaknya, ada eskalasi mendekati hari pelaksanaan Pilkada yang dinilai rawan. Sehingga dilakukan penambahan personel dari Polda Kaltim 280 personel.

“Sekitar 90 persen sudah datang, dan sisanya lagi siang tadi juga hadir. Dari Sabhara ada 100 personel, Brimob 90 persennya sudah kembali, dan kami nyatakan sejauh ini tidak ada kendala. Kita hanya mengantisipasi saja,” tuturnya.(*)

 

Sumber : http://www.klikpenajam.com

 

Leave a Reply