• +62-542-7211353;
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

Data Pemilih Penajam Paser Utara Bertambah

Rapat pleno terbuka pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan kembali dilaksanakan KPU Penajam Paser Utara, yang juga turut dihadiri oleh Bawaslu Penajam Paser Utara, Senin (22/2/2021).

Sama seperti biasanya, tiap bulan KPU PPU melakukan updating data terkait kegiatan pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan. Yang dimutakhirkan adalah data pemilih secara berkala hasil koordinasi dengan instansi pemerintah daerah terkait, dalam hal ini adalah Disdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara. Adapun 6 elemen data yang dimutakhirkan dalam kegiatan ini yaitu; data penduduk pindah datang, pemilih pemula, perubahan identitas, perubahan status pekerjaan TNI/POLRI, Perubahan alamat, dan data kematian. Sesuai dengan Surat Edaran KPU RI Nomor 181 Tahun 2020 mengenai pemutakhiran data pemilih berkelanjutan.

Kegiatan pemutakhiran daftar pemilih dilakukan melalui penyandingan data kependudukan Disdukcapil dengan daftar pemilih tetap hasil Pemilu serentak Tahun 2019 yang dijadikan sebagai dasar data pemutakhiran karena PPU merupakan daerah yang tidak melaksanakan pemilihan serentak tahun 2020 lalu.

Pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan ini bertujuan untuk memperbarui data pemilih guna mempermudah proses pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih pada Pemilu/Pemilihan berikutnya. Dari hasil Pleno Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan kali ini diperoleh data sampai dengan bulan Januari 2021 berjumlah 127.156 pemilih, ada penambahan 207 pemilih dari tahun 2020.(irs./kpuppu)

Leave a Reply